Hidup penuh perjuangan

Jumat, 08 Januari 2016

Menurut Katzenbach, Arslan, dan Moormann (2000) mendefinisikan bahwa pondasi tiang rakit atau yang disebut pile-raft adalah suatu sistem pondasi yang bekerja sebagai konstruksi komposit yang terdiri dari tiga element pendukung, yaitu tiang, rakit dan tanah. Rakit (pile cap) mendistribusikan beban dari total struktur (Stot) sebagai tegangan kontak, yang dinyatakan Rrakit dan sebagian kepeda n tiang yang dinyatakan  ΣRtiang.



Gambar 2.10 merupakan contoh pondasi tiang rakit menurut Katzenbach, 2004.
Menurut Randolph, 1994. filosofi perencanaan tiang-rakit dibagi atas tiga kategori, yaitu:
1.      Pendekatan konvensional, dimana tiang-tiang direncanakan sebagai suatu kelompok untuk memikul beban. pile cap/rakit diberi sedikit konstribusi dalam memikul beban terutama pada kondisi ultimit.
2.      Creep Piling”. pada beban kerja, tiang-tiang direncanakan mulai mengalami “creep”, umumnya 70-80% dari daya dukung ultimate. Sejumlah tiang berguna untuk mereduksi penurunan.
3.      Kontrol pada penurunan (diferential settlement). Tiang-tiang ditempatkan dilokasi tertentu  untuk mereduksi beda penurunan.
Pada kondisi tertentu, daya dukung ultimate tiang termobilisasi secara seluruhnya, karena konsep awal dari tiang adalah sebagai reduksi penurunan, walaupun tiang berkonstribusi terhadap daya dukung sistem pondasi tiang secara keseluruhan.
Sedangkan menurut Viggiani (2001) mengusulkan untuk perencanaan pondasi tiang rakit dibagi dalam 2 kategori, yaitu :
1.      Kelompok tiang “kecil”, dimana rasio lebar kelompok tiang, B terhadap panjang tiang, L lebih kecil dari 1. Pada kategori ini, tiang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan daya dukung dan pile cap/rakit untuk mengeliminasi diferential settlement. Walupun pile cap didukung langsung oleh tanah dasar, namun tidak memberikan daya dukung yang signifikan terhadap daya dukung keseluruhan pondasi.
2.      Kelompok tiang “besar”, dimana ratio B/L > 1. pada kategori ini, pile cap sendiri sudah cukup untuk memikul beban yang bekerja. Pondasi yang ada berguna untuk mereduksi penurunan dan diferential settlement sehingga mencapai nilai yang disyaratkan.
Untuk lebih jelasnya pembahsan ini saya lampirkan sumber utama, yaitu buku karangan Poulos dan Davis dengan judul Pile foundation analysis and design monggo silahkan download

0 komentar:

Posting Komentar