Hidup penuh perjuangan

Senin, 28 Desember 2015

Apakah PLAXIS itu ?
PLAXIS merupakan piranti lunak (software) berbasis metode elemen hingga untuk analisis deformasi dan stabilitas dalam permasalahan geoteknik. PLAXIS  dikembangkan oleh Delft University, Belanda pada tahun 1987.
Mengapa berbasis metode elemen hingga ?
Seperti telah kita ketahui, tanah merupakan elemen yang memiliki sifat yang rumit seperti non linear, time dependent, anisotropic, dsb. Selain itu perilaku tanah terhadap tegangan juga memberikan karakteristik yang spesifik. Untuk itu, analisis permasalahan geoteknik memerlukan model konstitutif mutakhir yang mampu mensimulasikan kondisi-kondisi tersebut di atas, salah satunya adalah metode elemen hingga .
Kasus-kasus yang dapat diselesaikan dengan PLAXIS?
Semua permasalahan geoteknik dapat dimodelkan dan dianalisis dengan menggunakan PLAXIS seperti slope stability, seepage, konsolidasi, dsb. Selain itu PLAXIS juga dapat memodelkan dan menganalisis struktur geoteknik  dan interaksi tanah dengan struktur seperti pondasi dangkal, pondasi dalam, dinding penahan tanah, angkur, dsb.
Yang harus diperhatikan dalam menggunakan PLAXIS?
Pengguna harus menguasai teori dan konsep mengenai mekanika tanah dan rekayasa pondasi. Hal ini sangat penting karena PLAXIS akan tetap melakukan kalkulasi dan memberikan hasil (output) meskipun input data kita tidak benar.
Contoh analisis kasus Geoteknik dengan PLAXIS
1. Penurunan akibat beban
2. Konstruksi galian di atas muka air
3. Konstuksi tanggul sungai 
4. Galian kering dengan angkur
5. Konstruksi timbunan untuk jalan
6. Konstruksi terowongan dll.



0 komentar:

Posting Komentar