Hidup penuh perjuangan

Senin, 28 Desember 2015

Dutch Cone Penetration atau yang umumnya disebut Pekerjaan Penyondiran adalah Suatu Pekerjaan yang dilakukan dengan Sederhana dengan alat Sondir /DCPT, Pada pekerjaan ini dilakukan dengan cara Manual yakni dengan menekan Rangkaian Stang/Rods yang pada ujungnya telah terpasang Conus/Biconus dengan alat DCPT Type Bigemenn ataupun Type Goda, dimana dalam Pekerjaan ini Ketelitian atau Keakuratan data berdasarkan Kepiawaian si Pelaksana dimana Pekerjaan ini sangat dipengaruhi oleh Tegak-Lurusnya rangkaian Stang Sondir/Rods, panjang Rods dan Kalibrasi Manometer/Dial DCPT. Tanah keras dalam pengujian ini di deskripsikan berdasarkan nilai consistensi perlawanan konus 200 kg/cm2.
Penyondiran dilakukan dengan maksud untuk mengetahui konsistensi dan kepadatan relatif dari tiap lapisan tanah, disamping itu data sondir dapat digunakan untuk menghitung daya dukung tanah/daya dukung izin untuk pondasi bangunan yang akan dibangun dilokasi project. Alat ini terdiri dari :
·        Dutch Cone Penetrometer Test (DCPT) dengan Biconus jenis Begemenn dengan kapasitas 200 kg/cm2.
  1.  Memiliki Manometer 2 buah (Kapasitas 0 60 kg/cm2 & 0 200 kg/cm2).
  2. Satu buah Biconus dan satu buah paten conus.
  3. Satu set Angker (4 buah).
  4. Perlengkapan kunci pipa, kunci plunyer, palu, kunci manometer,waterpass dll.
  5. Satu set stang sondir (20 batang) lengkap dengan rod dalam panjang masing-masing satu meter.
  6. Satu set Ambang penahan (ambang panjang dan ambang pendek ).
Pembacaan dilakukan pada setiap interval 20 cm, data yang diperoleh dari hasil pengujian dengan alat Sondir yaitu perlawanan ujung konus (End Resistance, Cone Resistance) dengan symbol Qc dinyatakan dalam satuan kg/cm2 dan Total perlawanan (total resistance) dinyatakan dalam satuan kg/cm2, dan juga dilakukan perhitungan hambatan lekat (skin friction) symbol SF dinyatakan dalam satuan kg/cm2.
Selanjutnya digambarkan dalam bentuk grafik hubungan antara nilai tekanan ujung konus sondir (qc) dan Jumlah hambatan pelekat (JHP) / ( graphic Dutch Cone Penetrometer test).
Berikut ini saya lampirkan SNI 2827:2008 yang membahas Sondir lebih lengkap, monggo di download

0 komentar:

Posting Komentar